Jumat, 28 September 2012

Kontemplasi dan Ekstansi

Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan.

Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.


Apabila kontemplasi dan ekstansi itu dihubungkan dengan kreativitas, maka kontemplasi itu faktor pendorong untuk menciptakan keindahan, sedangkan ekstansi merupakan faktor pendorong untuk merasakan, menikmati keindahan. Karena derajat atau tingkat kontemplasi dan ekstansi itu berbeda-beda antara setiap manusia, maka tanggapan terhadap keindahan karya seni juga berbeda-beda.

Maka dari hal itu, jangan sia- siakan jika ada peluang atau kesempatan, buat oleh kita sebuah moment yang mengena dengan kreatifitas yang mendalam, jangan berpikir mengenai hasil dulu, walau itu harus dipikirkan dan di rencanakan tetapi dengan bergerak dari yang lebih kecil maka jalan itu akan terbuka sedikit - sedikit.

tetapi yang pasti, bagaimanapun usaha yang kita lakukan, harus di barengi dengan sentuhan Iman dan akal yang sehat, karena keduanya berfungsi untuk menghadang pikiran-pikiran pesimis dan negatif yang timbul di tengah perjalalanan.

terutama menopang motivasi dan semangat ketika apa yang kita inginkan belum sesuai dengan apa yang kita rencanakan. kadang ada saja orang yang begitu jenius dan kreatif ketika tidak sesuai dengan yang di harapkan dia down, tak terkontrol yang akhirnya akan menutup semua akal sehat dan kreatif kita.

so, kita tak tahu apa yang ada di depan tetapi kita akan lebih tidak tahu jika kita tidak bergerak sedikit demi sedikit ke depan.

Semangat :)
Simple Young

Tidak ada komentar:

Posting Komentar